Riset Group Geografi Terapan

Grup Riset Prodi Pendidikan Geografi UNS Surakarta Peningkatan Kapasitas Guru MGMP Geografi SMA Kabupaten Sukoharjo dalam Mengidentifikasi Persebaran Wilayah Rawan Bencana pada Materi Mitigasi Bencana Alam

Riset Grup Grup Geografi Terapan FKIP UNS Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Uiversitas Sebelas Maret melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat kepada Guru MGMP Geografi SMA Kabupaten Sukoharjo dalam Mengidentifikasi Persebaran Wilayah Rawan Bencana pada Materi Mitigasi Bencana Alamyang telah dilaksanakan pada tanggal 21,22 dan 23 Juli 2020.
Dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, Riset Grup (RG) Geografi Terapan melaksanakan kegiatan pengenalan-pengenalan aplikasi bencana kepada Bapak Ibu Guru, mengingat wilayah Kabupaten Sukoharjo merupakan wilayah rawan bencana. Aplikasi kebencanaan yang diperkenalkan kepada Bapak Ibu Guru MGMP Geografi SMA Kabupaten Sukoharjo seperti inaRISK Personal, MAGMA Indonesia, Info BMKG Pertolongan Pertama-IFRC. Pada kegiatan ini RG Geografi Terapan memperkenalkan beberapa aplikasi yang telah tersedia di aplikasi Play Store pada Android. Tujuan dari kegiatan ini adalah pengurangan resiko bencana dengan memasukkan pengenalan aplikasi bencana pada materi sekolah yang kemudian dapat diterapkan oleh peserta didik dan tersebar di masyarakat.
Adapun Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diketuai oleh Bapak Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si. Kegiatan ini bekerja sama dengan MGMP SMA Geografi Sukoharjo dengan Ketua MGMP Bapak Suraryo, S.Pd.