Materi Webinar Program Studi Pendidikan Geografi Sarjana (S1) dan Magister (S2)

Pada tanggal 28 Oktober 2020. Program Studi Pendidikan Geografi Sarjana (S1) dan Magister (S2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan seminar daring (Webinar) dengan Tema “Geospatial Big Data untuk Permodelan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh dalam Mitigasi Bencana”. Webinar ini merupakan sarana untuk mempelajari Pemodelan SIG yang digunakan dalam mengurangi risiko bencana di suatu wilayah.

Kegiatan Webinar tersebut diisi oleh narasumber-narasumber, antara lain: Dr. Ahmad, M.Si. (Universitas Sebelas Maret), Prof. Dr. Wikanti Asriningrum, M.Si. (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)), Dr. Nur Mohammad Farda, S.Si., M.Cs. (Universitas Gadjah Mada), dan Regina Maria Hitoyo, S.T. (ESRI Indonesia).

Dalam pemaparannya, Dr. Ahmad, M.Si. menjelaskan bahasan dengan tema “Pendekatan Sistem Pengaliran Daerah Sungai (DAS) untuk Perumusan Model Pengendalian Bencana Hidroklomatologi”. Dilanjutkan oleh Prof. Dr. Wikanti Asriningrum, M.Si. menjelaskan bahasan dengan tema “Pemanfaatan Penginderaan Jauh Geomorfologi untuk Mitigasi Bencana”. Kemudian pemaparan dilanjutkan oleh Dr. Nur Mohammad Farda, S.Si., M.Cs. membahas tentang “Spatial Big Data: Analisis, Aplikasi, dan Tantangannya di Bidang Geografi”. Terakhir, dipaparkan oleh Regina Maria Hitoyo, S.T. yang membahas tentang “Better Prepared for Disaster with Complete Modern GIS Platform”

Berikut adalah materi yang telah disampaikan oleh narasumber-narasumber webinar.
http://bit.ly/MateriWebinarWSBD