Pelatihan Quatum GIS Seri I oleh Laboratorium Sistem Informasi Geospasial (SIG) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNS

Pelatihan Quantum GIS Seri I diselenggarakan oleh Laboratorium Sistem Informasi Geospasial (SIG) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP UNS pada tanggal 23-24 November 2020 melalui media Zoom Meeting. Pelatihan ini dilaksanakan dengan mengudang Rivan Aji Wahyu DS, S.PWK., M.Ars. dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) sebagai pembicara.

Quantum GIS (QGIS) adalah perangkat lunak untuk Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berbasiskan open source. Sama dengan perangkat GIS lainnya, QGIS juga didesain untuk pengolahan data Sistem Informasi Geografis (SIG) yang bisa dijalankan di berbagai macam platform seperti Windows, MacOS, Linux, dan lain sebagainya. QGIS juga mendukung banyak format dan fungsionalitas data vektor, raster, dan basisdata.

Dalam pelatihan QGIS Seri I ini, Materi yang disampaikan yaitu mengenai pengenalan QGIS, Pengenalan fitur-fitur yang ada di dalam QGIS, Input data raster dan vektor, Georeferencing, Digitasi dan atribut, Geoprocessing, serta Layout dan editing. Pelatihan QGIS Seri I ini dihadiri sebanyak 118 peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti Bali, Jawa, Kalimantan, NTT, Papua, Sulawesi, dan Sumatera. Peserta dalam pelatihan ini didominasi oleh peserta dari luar Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan sebagian besar berasal dari kalangan Mahasiswa, Dosen, dan Guru.