SURAKARTA – Pada Jumat – Sabtu, 11 – 12 Juni 2021, Pendidikan Geografi FKIP UNS telah melaksanakan Webinar “Kuliah Link and Macth dengan Praktisi Profesional Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kegiatan ini sebagai akselerasi profesionalitas tenaga pendidik dan relevansi keterkaitan dan kesepadanan pembelajaran di kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sehingga diperoleh percepatan dan ketercapaian target lulusan perguruan tinggi yang mampu bersaing di dunia kerja sesuai bidang keahliannya.

Peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pendidik bisa dicapai dengan penyelenggaraan kuliah Link and Match oleh dosen dari kalangan profesional Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Penyelenggaraan kegiatan ini dilaksanakan oleh dosen dari kalangan profesional Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebanyak 3 orang, yaitu  oleh Faik Sofyan, S.Si merupakan direktur utama PT Waindo Specterra Indonesia, Wahyu Purwanto, S.Pd., M.Pd merupakan Community Development Officer (CDO) PT Pertamina RU II Sungai Pakning sekaligus alumni Pendidikan Geografi FKIP UNS dan Yoga Prismanata, S.Pd., M.Pd merupakan Owner Eduprisma sekaligus alumni Pendidikan Geografi FKIP UNS. Materi yang disampaiakan oleh Faik Sofyan, S.Si terkait bagaimana menjadi analis geospasial profesional. Beliau menekankan bahwa “Dalam menjadi analis geospasial profesional perlu adanya kompetensi – kompetensi yang perlu diambil oleh mahasiswa agar mampu bersaing di DUDI, salah satunya adalah magang di DUDI”.

Selain itu, Wahyu Purwanto, S.Pd., M.Pd meberikan materi menjadi pemberdaya komunitas profesional. Menurut Wahyu Purwanto, S.Pd., M.Pd bahwa pencapaiannya untuk bekerja di PT Pertamina RU II Sungai Pakning ini berkat pengalaman – pengalaman Beliau ketika menjadi mahasiswa. Beliau nenekankan bahwa “Jika lulusan Pendidikan Geografi FKIP UNS ingin bekerja di bidang CDO, dalam persyaratan administrasi memang lulusan Pendidikan Geografi akan gugur. Namun, akan lebih dipertimbangkan melalui jalur experience hire, dimana perekrutan berdasarkan pengalaman – pengalaman yang telah diperoleh mahasiswa sehingga mahasiswa perlu memperdalam keahlian sesuai dengan bidangnya”.

Sedangkan Yoga Prismanata, S.Pd., M.Pd terkait bagaimana menjadi pengembang bahan ajar dan media pembelajaran profesional. Yoga Prismanata, S.Pd., M.Pd juga menekankan bahwa “Terjadi akselerasi tinggi terkait media pembelajaran yang ditawarkan akibat COVID-19, hal ini menjadi pemicu semakin dituntutnya para pengembang media pembelajaran berpikir kreatif”

Kegiatan Webinar “Kuliah Link and Macth dengan Praktisi Profesional Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) akan meningkatkan IKU 004 dan IKK01-09 sebanyak 20% dan juga akan menyelesaikan terkait permasalahan kurangnya profesionalitas dosen khususnya terkait pembelajaran yang tidak selaras dan sepadan dengan DUDI. Webinar Kuliah Link and Match juga akan ditindak lanjuti dengan kegiatan magang mahasiswa dikalangan profesional DUDI sehingga menjamin keberlanjutan kegiatan webinar dan mampu mendorong kompetensi – kompetensi yang diperlukan mahasiswa dalam persaingan dunia kerja.

By Published On: Oktober 25th, 2021Categories: Berita Terbaru, Uncategorized @idKomentar Dinonaktifkan pada Webinar Kuliah Link and Macth dengan Praktisi Profesional Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI)

Recent Post